Adv

Mengenali Inspirasi Berapresiasi


Seni Tari adalah seni yang diwujudkan dalam bentuk gerak, atau  aeni tari adalah ekspresi jiwa yang diungkapkan dengan bentuk-bentuk gerakan ritmis yang indah. Dalam seni tari harus terdapat unsur-unsur gerakan, ritmis, estetika, ruang, tujuan, dan tempo (waktu).

Jenis tari ditinjau dari bentuk penyajiannya
À   Tari klasik, sudah mengalami perkembangan penggarapan pencapaia standar tertentu kristalisasi. Tari klasik berasal dan tumbuh dari lingkungan bangsawan atau kraton. Nilainya artistik dan nilai estetik sudah tinggi.
À   Tari kreasi baru, yaitu tari yang dihasilkan dari perkembangan penggarapan baru. Sumbernya dari elemen-elemen gerak tari tradisi yang susunannya  bernafaskan baru. Dicipta oleh para seniman tari atau koreografer. Tari kreasi baru bukan kontenporer atau modern.
À   Tari rakyat, adalah tari yang hidup dikalangan/daerah setempat.          Tari ini belum mempunyai norma-norma dan aturan tertentu, bersifat sederhana dan menyatu dengan kehidupan masyarakat. Sifatnya sekedar memenuhi kebutuhan tradisi masyarakat setempat, seperti upacara.

1.      Tari Tunggal
Tari Tunggal yaitu tari yang dilakukan oleh satu orang.Contohnya adalah tari gambir anom, tari koncar, tari gunung sari, tari gatotkaca, tari bondan, tari gambyong dan tari kukilo.
2.      Tari berpasangan
Tari berpasangan yaitu tari yang dilakukan dengan berpasangan, laki-laki dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.
3.      Tari Kelompok/Massa
Tari ini dilakukan dengan ramai-ramai, atau dengan menggunakan banyak penari.

jenis tari menurut fungsinya;  
*tari pertunjuka
*tari hiburan
*tari pergaulan, dan
*tari upacara
  • Menurut isi dan tema jenisnya;
*tari aerotik
*tari heroik, dan
*tari pantomim

Jenis tari ditinjau dari bentuk penyajiannya
  • Tari Kontemporer, adalah sebuah tarian yang masih bersifat sesaat atau sedang proses dikenalkan pada masyarakat. Maka bentuk kontemporer belum tentu kalau masyarakat pendukungnya mau menerima.
  • Tari Modern, adalah suatu jenis tari dunia yang lahir di Amerika, kemudian berkembang ke negara-negara lain.
  • Tari Nasional, adalah puncak-puncak seni tari daerah lain atau kreasi baru yang bernapaskan nasional.
  • Tari Internasional, misalnya : balet, tari modern, atau tari bangsa-bangsa lain. Tari bangsa-bangsa lain, seperti: tari Spanyol, tari India, tari Jepang, atau tari kreasi yang bernapaskan internasional.

Sejrah Tari Nusantara
Sejarah tari di Indonesia sangat erat kaitan nya dengan kehidupan masyarakat Indonesia.Sejarah tari dan kehidupan masyarakat tersebut dapat di golongkan dalam tiga periode sebgai berikut.
a.       Masa prakerajaan
b.      Masa kerajaan
c.       Masa pasca kerajaan
http://ratnasari844.blogspot.co.id
.

Berlangganan:

0 Response to "Mengenali Inspirasi Berapresiasi"

Posting Komentar